RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan pendidikan : SMA N 1
Raman Utara
Kelas/Semester : XII /Ganjil
Mata Pelajaran :
BIOLOGI
Alokasi Waktu :
15 Menit
Standar Kompetensi
2. Memahami pentingnya
proses metabolisme pada organisme
.
Kompetensi Dasar
2.1 Mendeskripsikan
fungsi enzim dalam proses metabolisme
Indikator
1.
Menjelaskan
pengertian enzim
2.
Menyebutkan
beberapa contoh enzim beserta letaknya
3.
Menjelaskan fungsi
enzim dalam proses metabolisme
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian enzim
2.
Menyebutkan
beberapa contoh enzim beserta letaknya.
3.
Menjelaskan
fungsi enzim dalam proses metabolisme.
v Karakter siswa yang diharapkan :
Religius, rasa hormat, komunikatif, jujur, tanggung jawab, rasa ingin tahu,
teliti
B. Materi
Pembelajaran
Fungsi enzim
C. Media/ Alat/Bahan
Power point dan alat tulis
D. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Diskusi
E. Langkah-langkah
Kegiatan
Tahapan
|
Kegiatan
|
Karakter siswa
|
Waktu
|
PENDAHULUAN
|
·
Guru
membuka proses pembelajaran dengan mengucap salam dan berdo’a bersama
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran, kemudian siswa memperhatikan penjelasan
guru.
·
Guru
memberikan apresiasi kemudian siswa memperhatikan dan menanggapinya
|
Religius
Rasa hormat
komunikatif
|
3’
|
KEGIATAN INTI
|
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
ü Guru meyiapkan siswa untuk belajar
ü Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok
belajar.
|
Rasa ingin tahu, teliti,
komunikatif
|
9’
|
Elaborasi
ü
Guru
menjelaskan pengertian enzim kepada siswa.
ü
Perwakilan kelompok
diminta oleh guru untuk menjelaskan kembali pengertian enzim.
ü
Guru
menyebutkan beberapa contoh enzim beserta letaknya.
ü
Guru menjelaskan
fungsi enzim dalam proses metabolisme.
ü
Perwakilan kelompok
diminta untuk menyebutkan kembali beberapa contoh enzim beserta letaknya dan fungsi
enzim dalam proses metabolisme.
ü
Guru
memberikan beberapa soal mengenai enzim untuk didiskusikan secara kelompok.
ü
Setiap
kelompok diminta mengumpulkan hasil diskusi.
|
Jujur, rasa ingin tahu, teliti, tangung jawab, komunikatif.
|
||
Konfirmasi
ü Guru mempersilahkan siswa untuk bertanya
mengenai materi yang diangap belum jelas.
ü Siswa menayakan hal-hal yang belum di ketahui
mengenai materi yang telah disampaikan.
ü Guru menanggapi pertanyaan siswa dan memberikan
informasi yang sebenarnya mengenai materi yang di tanyakan.
|
Jujur, rasa ingin tahu, tangung jawab, teliti,
komunikatif
|
||
KEGIATAN PENUTUP
|
ü
Guru
bersama peserta didik membuat kesimpulan mengenai materi yang telah
disampaikan.
|
Tangung jawab, teliti,
religius
|
3’
|
ü Guru menutup proses pembelajaran dengan
mengucapkan salam.
|
E.
Sumber Belajar
a.
Buku : Pratiwi, dkk. 2006. BIOLOGI untuk SMA kelas
XII. Jakarta: Erlangga
b. Internet
: http://budisma.web.id/materi/sma/biologi-kelas-xii/pengertian-macam-macam-enzim-dan-fungsinya/.
diakses pada sabtu, 02 februari 2013 pukul 13:30
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes
tertulis
b. Bentuk Instrumen:
- Tes Esay
c. Contoh Instrumen:
1.
Jelaskan pengertian enzim!
2.
Sebutkan
beberapa contoh enzim beserta letaknya!
3.
Jelaskan
fungsi enzim dalam proses metabolisme!
Metro, 08
februari 2013
|
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
......................... ANISA
NIP. NPM 10321392
Tidak ada komentar:
Posting Komentar