Rabu, 13 Februari 2013

rpp metabolisme


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Satuan pendidikan       : SMA N 1 Raman Utara
Kelas/Semester             : XII /Ganjil
Mata Pelajaran            : BIOLOGI
Alokasi Waktu              : 15 Menit

Standar Kompetensi
               2.       Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
.

Kompetensi Dasar
              2.1     Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme

Indikator
1.      Menjelaskan pengertian enzim
2.      Menyebutkan beberapa contoh enzim beserta letaknya
3.      Menjelaskan fungsi enzim dalam proses metabolisme

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian enzim
2.      Menyebutkan beberapa contoh enzim beserta letaknya.
3.      Menjelaskan fungsi enzim dalam proses metabolisme.

v Karakter siswa yang diharapkan :
Religius, rasa hormat, komunikatif, jujur, tanggung jawab, rasa ingin tahu, teliti


B. Materi Pembelajaran
 Fungsi enzim

C. Media/ Alat/Bahan
Power point dan alat tulis

D.  Metode Pembelajaran
            - Ceramah
-  Diskusi
                                 
E. Langkah-langkah Kegiatan

Tahapan
Kegiatan
Karakter siswa
Waktu
PENDAHULUAN
·     Guru membuka proses pembelajaran dengan mengucap salam dan berdo’a bersama
·     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, kemudian siswa memperhatikan penjelasan guru.
·     Guru memberikan apresiasi kemudian siswa memperhatikan dan menanggapinya

Religius
Rasa hormat
komunikatif
3’
KEGIATAN INTI
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
ü  Guru meyiapkan siswa untuk belajar
ü  Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok belajar.
Rasa ingin tahu, teliti, komunikatif
9’
Elaborasi
ü  Guru menjelaskan pengertian enzim kepada siswa.
ü  Perwakilan kelompok diminta oleh guru untuk menjelaskan kembali pengertian enzim.
ü  Guru menyebutkan beberapa contoh enzim beserta letaknya.
ü  Guru menjelaskan fungsi enzim dalam proses metabolisme.
ü  Perwakilan kelompok diminta untuk menyebutkan kembali beberapa contoh enzim beserta letaknya dan fungsi enzim dalam proses metabolisme.
ü  Guru memberikan beberapa soal mengenai enzim untuk didiskusikan secara kelompok.
ü  Setiap kelompok diminta mengumpulkan hasil diskusi.
Jujur, rasa ingin tahu, teliti, tangung jawab, komunikatif.
Konfirmasi
ü  Guru mempersilahkan siswa untuk bertanya mengenai materi yang diangap belum jelas.
ü  Siswa menayakan hal-hal yang belum di ketahui mengenai materi yang telah disampaikan.
ü  Guru menanggapi pertanyaan siswa dan memberikan informasi yang sebenarnya mengenai materi yang di tanyakan.

Jujur, rasa ingin tahu, tangung jawab, teliti, komunikatif
KEGIATAN PENUTUP
ü  Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan mengenai materi yang telah disampaikan.
Tangung jawab, teliti, religius
3’
ü  Guru menutup proses pembelajaran dengan mengucapkan salam.

E. Sumber Belajar
 a. Buku        :  Pratiwi, dkk. 2006. BIOLOGI untuk SMA kelas XII. Jakarta: Erlangga
 b. Internet   :  http://budisma.web.id/materi/sma/biologi-kelas-xii/pengertian-macam-macam-enzim-dan-fungsinya/. diakses pada sabtu, 02 februari 2013 pukul 13:30


F. Penilaian Hasil Belajar
       a. Teknik Penilaian:
             -   Tes tertulis
       b. Bentuk Instrumen:
 -   Tes Esay
        c. Contoh Instrumen:
1.    Jelaskan pengertian enzim!
2.    Sebutkan beberapa contoh enzim beserta letaknya!
3.    Jelaskan fungsi enzim dalam proses metabolisme!

Metro, 08 februari 2013
                                                                                      
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                              Guru Mata Pelajaran
           

                                                                       
.........................                                                                                      ANISA
NIP.                                                                                                NPM 10321392                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar