Senin, 07 Januari 2013

analisis kesukaran soal


ANALISIS TINGKAT KESUKARAN SOAL


            Rumus yang digunakan untuk menghitung tingkat kesukaran adalah:

P =

Keterangan:
P = Indeks kesukaran
B = Banyaknya siswa yang menjawab soal itu dengan benar
JS = Jumlah siswa peserta tes

Klasifikasi indeks kesukaran butir soal adalah sebagai berikut:
Soal dengan P 0,00 - 0,30 = Soal sukar
Soal dengan P 0,31 - 0,70 = Soal sedang
Soal dengan P 0,71 - 1,00 = Soal mudah (Arikunto,2002:208)

Anilisis soal try out

  1. Diketahui: B = 12 Siswa                     2. Diketahui: B = 12 Siswa
JS = 15 Siswa                                      JS = 15 Siswa
P = ……?                                            P = ……?

                        P =                                                   P =
                        =   = 0,8                                           =   = 0,8


  1. Diketahui: B = 6 Siswa                       4. Diketahui: B = 10 Siswa
JS = 15 Siswa                                      JS = 15 Siswa
P = ……?                                            P = ……?

P =                                                   P =
=   = 0,4                                           =   = 0,67

  1. Diketahui: B = 3 Siswa                       6. Diketahui: B = 6 Siswa
JS = 15 Siswa                                      JS = 15 Siswa
P = ……?                                            P = ……?

P =                                                   P =  
=   = 0,2                                           =   = 0,13

Dari uji tingkat kesukaran soal diketahui bahwa terdapat dua soal dengan kategori mudah, yaitu soal no 1 dan 2. Dua soal dengan kategori sedang, yaitu soal no 3 dan 4. Dua soal dengan kategori sukar atau sulit, yaitu soal no 5 dan 6.

            Dari data di atas terdapat beberapa soal yang perlu di perbaiki karena tidak sesuai dengan kisi-kisi pembuatan instrument soal, yaitu:
               soal no 3 dengan tingkat ketunrasan 6 orang sehingga soal masuk kedalam tipe sedang, setelah di analisis teryata siswa belum memahami mengenai pemasangan ohmmeter, hal tersebut diketahui dari tngkat kesalahan menjawab soal mengenai pemasangan ohmmeter.

               soal no 5 dengan tingkat ketunrasan 3 orang sehingga soal masuk kedalam tipe sulit, setelah di analisis teryata siswa belum memahami mengenai pemasangan hambatan Rx yang berguna untuk menaikan batas ukur galvanometer, hal tersebut diketahui dari tngkat kesalahan menjawab soal mengenai tujuan pemasangan hambatan Rx pada sebuah rangkaian listrik.


               soal no 6 dengan tingkat ketunrasan 2 orang sehingga soal masuk kedalam tipe sulit, setelah di analisis teryata siswa belum memahami mengenai pemasangan ampermeter, voltmeter, dan ohmmeter pada satu rangkaian listrik, hal tersebut diketahui dari tngkat kesalahan menjawab soal mengenai  pemasangan ampermeter, voltmeter, dan ohmmeter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar